Rabu, 12 Maret 2014

MAKALAH KEPEMIMPINAN PROFIL DAN KEPEMIMPINAN SOEHARTO



BAB II
PEMBAHASAN
2.1 BIOGRAFI SOEHARTO
Soeharto adalah presiden kedua Republik Indonesia. Beliau lahir di Kemusuk, Yogyakarta, tanggal 8 juni 1921. Bapaknya bernama Kertosudiro seorang petani yang juga pembantu  lurah dalam pengairan sawah desa, sedangkan ibunya bernama Sukirah. Beliau adalah presiden yang paling lama menjabat dan berkuasa di pemerintahan yaitu salama 32 tahun. Pada masa pemerintahannya dikenal sebagai Orde Baru.
Soeharto menikah dengan Siti Hartinah ("Tien") dan dikaruniai enam orang  anak, yaitu Siti Hardijanti Rukmana (Tutut), Sigit Harjojudanto, Bambang Trihatmodjo, Siti Hediati Hariyadi (Titiek), Hutomo Mandala Putra (Tommy), dan Siti Hutami Endang Adiningsih (Mamiek).
Semasa kecil Soeharto sering berpindah tempat tinggal. Soeharto tinggal dirumah kakeknya dari pihak ibu, pamannya, dirumah kakak perempuannya yang telah bersuami, bahkan teman ayahnya. Setidaknya dalam sepuluh tahun pertama hidupnya, enam kali Soeharto kecil harus hidup menumpang dari satu keluarga ke keluarga lainnya.
Pada tahun 1931, setamat sekolah rendah (SR) lima tahun, Soeharto disekolahkan oleh orang tuanya ke sekolah lanjutan rendah di Wonogiri. Beberapa tahun kemudian, Soeharto kembali ke kampung asalnya Kemusuk untuk melanjutkan sekolah di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah di Yogyakarta.
Pada tahun 1942, Soeharto mendaftar  dan diterima menjadi anggota KNIL. KNIL adalah tentara kerajaan Belanda. Dalam KNIL ia mendapat pangkat sersan.  Soeharto meniti karir militernya dalam tiga zaman, yaitu: zaman penjajahan, zaman perang kemerdekaan, dan zaman merdeka. Pada zaman Jepang beliau mendapat kesempatan untuk menjadi anggota PETA. Dalam latihan PETA ini patriolisme terasa hidup, dan kecintaan untuk membela tanah air makin menebal.Pada 5 Oktober 1945, Soeharto resmi tercatat sebagai Tentara Republik Indonesia (TKR). Sebagai anggota TKR, Soeharto memimpin serangan ke markas Jepang untuk peluncutan senjata.
Karir yang dirintisnya mulai dari bawah, dan terus menanjak  pada posisi tertinggi, yaitu Jenderal Besar bintang lima pada 30 September 1997. Pangkat yang disebut juga Panglima Besar sampai saat ini hanya diberikan kepada tiga orang saja, yaitu Jenderal Besar Soedirman, Jenderal Besar A.H  Nasution dan Jenderal Besar Soeharto.
Mantan Presiden Soeharto, penguasa Indonesia selama 32 tahun ini, terkenal otoriter, militeristik, ambisius namun murah senyum sekaligus. Selama masa kepemimpinanya, Soeharto banyak meninggalkan jasa-jasa nya baik di bidang politik, bidang kesehatan, bidang perekonomian dan bidang pendidikan. Namun tidak dapat dipungkiri juga terdapatnya sisi kelam atau sisi negatif Soeharto selama memimpim Indonesia yang terbilang lama tersebut.
Sebelum 1 Oktober 1965, nama Soeharto tidak banyak di kenal atau disebut-sebut orang. Namanya tiba-tiba muncul ke permukaan setelah atas inisiatifnya sendiri sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) mengambil alih pimpinan Angkatan Darat menyusul aksi penjemputan paksa enam perwira tinggi Angkatan Darat oleh G30S-PKI. Soeharto menggunakan G30S-PKI sebagai dalih untuk merongrong legitimasi Presiden Soekarno, sambil melambungkan dirinya ke kursi kepresidenan.
Tindakan ini diperkuat dengan turunnya Surat Perintah yang dikenal sebagai Surat Perintah 11 Maret (Supersemar) dari Presiden Soekarno yang memberikan kewenangan dan mandat kepada Soeharto untuk mengambil segala tindakan untuk memulihkan keamanan dan ketertiban. Langkah yang diambil Soeharto adalah segera membubarkan Partai Komunis Indonesia (PKI) sekalipun sempat ditentang Presiden Soekarno, penangkapan sejumlah menteri yang diduga terlibat G-30-S (Gerakan 30 September). Dalam aksi penumpasan ini menyebabkan korban kurang lebih 500 ribu orang. Tindakan ini menurut pengamat internasional dikatakan sebagai langkah menyingkirkan Angkatan Bersenjata Indonesia yang pro-Soekarno dan pro-Komunis.
Soeharto kemudian menerima penyerahan kekuasaan pemerintahan dari Presiden Soekarno. Melalui Sidang Istimewa MPRS, pada 12 Maret 1967, Soeharto ditunjuk sebagai pejabat presiden hingga setahun kemudian akhirnya di lantik  menjadi Presiden ke 2 Republik Indonesia  pada 27  Maret  1968.
           Pada tahun-tahun awal kekuasaannya, banyak yang mengira Soeharto tidak akan mempertahankan kekuasaannya untuk jangka waktu yang lama. Seiring berjalannya waktu, ternyata Soeharto memiliki kemampuan politik yang sangat tinggi.
Tahun-tahun pemerintahan Suharto diwarnai dengan praktik otoritarian di mana tentara memiliki peran dominan di dalamnya. Kebijakan dwifungsi ABRI memberikan kesempatan kepada militer untuk berperan dalam bidang politik di samping perannya sebagai alat pertahanan negara. Demokrasi telah ditindas selama hampir lebih dari 30 tahun dengan mengatasnamakan kepentingan keamanan dalam negeri dengan cara pembatasan jumlah partai politik, penerapan sensor dan penahanan lawan-lawan politik. Sejumlah besar kursi pada dua lembaga perwakilan rakyat di Indonesia diberikan kepada militer, dan semua tentara serta pegawai negeri hanya dapat memberikan suara kepada satu partai penguasa Golkar.
          Soeharto memiliki karakter kepemimpinan yang kuat, di awal kepemimpinannya Soeharto menentukan arah kebijakan pembangunan ekonomi Indonesia secara jelas,dengan Trilogi pembangunannya yaitu stabilitas, pembangunan dan pemerataan. Soeharto juga merupakan pemimpin yang tegas dan  memiliki keberanian dalam memimpin. Gaya Kepemimpinan Presiden Soeharto merupakan gabungan dari gaya kepemimpinan Proaktif-Ekstraktif dengan Adaptif-Antisipatif, yaitu gaya kepemimpinan yang mampu menangkap peluang dan melihat tantangan sebagai sesuatu yang berdampak positif serta mempunyai visi yang  jauh ke depan dan sadar akan perlunya langkah-langkah penyesuaian.
          Selain itu keberpihakan Soeharto pada petani sangat jelas, Soeharto lahir dari keluarga petani sehingga mengenal betul bagaimana cara membangun pertanian. Keberpihakannya pada petani itu berhasil menjadikan Indonesia maju di bidang pertaniannya. Presiden Soeharto yang sukses mengantarkan Indonesia menjadi negara pengimpor beras terbesar di dunia.
          Pada awal masa kekuasaan Soeharto, karakter kepemimpinan Soeharto yang kuat efektif mempersatukan Indonesia di tengah kekacauan politik dan perpecahan, Soeharto juga awalnya merepresentasikan pemimpin yang bersahaja dan merakyat.
          Dalam masa kekuasaannya, yang disebut Orde Baru, Soeharto membangun negara yang stabil dan mencapai kemajuan ekonomi dan infrastruktur. Suharto juga membatasi kebebasan dan mendiskriminasi warganegara Indonesia keturunan Tionghoa, menduduki Timor Timur, dan selain itu juga dianggap sebagai rezim paling korupsi sepanjang masa dengan jumlah $AS 15 miliar sampai $AS 35 miliar.
           Pada masa pemerintahannya Soeharto banyak melakukan pembangunan-pembangunan di berbagai bidang, seperti pembangunan jalan raya, pembangunan sekolah-sekolah, universitas, mesjid, jembatan dan tempat-tempat umum lainnya, karena saking banyaknya tadi melakukan pembangunan-pembangunan infrastruktur, Sehingga ia dijuluki sebagai “Bapak Pembangunan”.Pada awal pemerintahan nya masyarakat hidup sejahtera, harga  kebutuhan pokok begitu stabil dan BBM di tekan harganya dengan subsidi yang cukup tinggi dari pemerintah. Tetapi dibalik semua itu, ternyata Indonesia menanggung utang yang sangat besar  pada IMF dan Bank dunia, hal tersebut berimbas terhadap Indonesia kedepannya dan menjadi bumerang bagi   pemimpin selanjutnya. Indonesia harus mencicil utang tersebut 100 Triliun  setiap tahunnya sampai saat sekarang ini. Sampai-sampai pesawat buatan Habibie pun tidak dapat diproduksi oleh Indonesia karena hal tersebut.
            Selain itu Soeharto juga disebut-sebut korupsi paling parah di Asia dan menyelewengkan uang negara selama 32 tahun. Ia memiliki kekayaan di luar negeri yang begitu banyak, ia juga banyak menyalahgunakan kekuasaan dan uang negara untuk kepentingan anak-anaknya dan keluarganya. Ia juga menyelewengkan uang yayasan miliknya sendiri.  Adapun orang-orang berpendapat bahwa kekayaan Soeharto itu tidak akan habis tujuh turunan karena terlalu banyaknya. Pada 1997, menurut Bank Dunia, 20 sampai 30% dari dana pengembangan Indonesia telah disalahgunakan selama bertahun-tahun. Krisis finansial Asia di tahun yang sama tidak membawa hal bagus bagi pemerintahan Presiden Soeharto ketika ia dipaksa untuk meminta pinjaman, yang juga berarti pemeriksaan menyeluruh dan mendetail dari IMF. Menurut Transparency International, Soeharto menggelapkan uang dengan jumlah terbanyak dibandingkan pemimpin dunia lain dalam sejarah dengan perkiraan 15–35 miliar dolar A.S. selama 32 tahun masa pemerintahannya.
             Soeharto juga merupakan orang yang ambisius terhadap kekuasaan, ia selalu tidak puas atas apa yang ia dapatkan, ia juga selalu berusaha untuk menjatuhkan lawan-lawan politiknya dengan taktik dan strategi-strateginya. Ia tidak mau memberi kesempatan untuk orang lain untuk memegang kendali di negara ini. Untuk menjaga stabilitas nasional atau lebih tepatnya memastikan semua di bawah kendali Soeharto, Presiden ke 2 RI itu melakukan tindakan represif terhadap musuh politiknya, Komnas HAM menyatakan paling tidak ada 5 pelanggaran berat HAM yang dilakukan oleh pemerintah Soeharto Lima perkara yang diindikasikan sebagai pelanggaran HAM berat adalah kasus Pulau Buru; Penembakan Misterius (Petrus); Peristiwa Tanjung Priok; Kebijakan Daerah Operasi Militer di Aceh dan Papua; serta Kasus 27 Juli. Selain itu Soeharto tidak memberikan kebebasan pers, berserikat, berkumpul, berpendapat. Semua harus tunduk pada pemerintahan pusat.
              Dengan banyaknya tindakan Soeharto yang menyimpang tersebut maka banyak pihak-pihak dan masyarakat yang menentang dan meminta Soeharto turun dari tahtanya pada tahun 1998. Tekanan politik , Kerusuhan dan demonstrasi terjadi dimana-mana,mahasiswa-mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia juga ikut dalam penuntutan kepada Soeharto agar segera turun dari kekuasaannya. Peristiwa bersejarah yang masih di kenang sampai saat ini adalah kematian empat orang mahasiswa Universitas Trisakti dalam aksi demonstrasi tersebut, mereka meninggal karena terkena tembakan gas air mata oleh aparat keamanan,dan mereka di kenang sebagai pahlawan revolusi.
Pada saat itu banyak masyarakat yang menghujat habis-habisan dan mencaci maki Presiden Soeharto. Setelah sekian lama ia memimpin negara ini, namun hanya itu yang ia dapatkan pada saat-saat terakhir jabatannya sebagai Presiden. Aksi masyarakat yang mengecam Soeharto untuk turun terdengar dimana-mana. Pengunjuk rasa tersebut mengatakan tidak akan berhenti melakukan aksinya sebelum Soeharto turun dari tahtanya. Aksi tersebut  berpuncak pada pendudukan gedung DPR/MPR RI, hingga akhirnya Presiden Soeharto mengundurkan diri pada 21 Mei 1998 untuk menghindari perpecahan dan meletusnya ketidakstabilan di Indonesia. Pemerintahan dilanjutkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, B.J. Habibie.
Namun di balik sisi kelam Soeharto tersebut, juga tidak dapat di pungkiri bahwa banyaknya jasa-jasanya dan keberhasilannya  selama memerintah 32 tahun itu, yaitu diantaranya:
1.      Bidang politik.
Sebagai presiden Indonesia selama lebih dari 30 tahun, Soeharto telah banyak memengaruhi sejarah Indonesia. Dengan pengambil alihan kekuasaan dari Soekarno, Soeharto dengan dukungan dari Amerika Serikat memberantas paham komunisme dan melarang pembentukan partai komunis. Dijadikannya Timor Timur sebagai provinsi ke-27 (saat itu) juga dilakukannya karena kekhawatirannya bahwa partai Fretilin (Frente Revolucinaria De Timor Leste Independente /partai yang berhaluan sosialis-komunis) akan berkuasa di sana bila dibiarkan merdeka.

2. Bidang kesehatan.
Untuk mengendalikan jumlah penduduk Indonesia, Soeharto memulai kampanye Keluarga Berencana yang menganjurkan setiap pasangan untuk memiliki secukupnya 2 anak. Hal ini dilakukan untuk menghindari ledakan penduduk yang nantinya dapat mengakibatkan berbagai masalah, mulai dari kelaparan, penyakit sampai kerusakan lingkungan hidup.

3. Bidang pendidikan.
Dalam bidang pendidikan Soeharto mempelopori proyek Wajib Belajar yang bertujuan meningkatkan rata-rata taraf tamatan sekolah anak Indonesia. Pada awalnya, proyek ini membebaskan murid pendidikan dasar dari uang sekolah (Sumbangan Pembiayaan Pendidikan) sehingga anak-anak dari keluarga miskin juga dapat bersekolah. Hal ini kemudian dikembangkan menjadi Wajib Belajar 9 tahun.

 4. Kelebihan sistem Pemerintahan Orde Baru perkembangan GDP per kapita Indonesia yang pada tahun 1968 hanya AS$70 dan pada 1996 telah mencapai lebih dari AS$1.000
 5. Kemajuan sektor migas.
Puncaknya adalah penghasilan dari migas yang memiliki nilai sama dengan 80% ekspor Indonesia. Dengan kebijakan itu, Indonesia di bawah Orde Baru, bisa dihitung sebagai kasus sukses pembangunan ekonomi.
Keberhasilan Pak Harto membenahi bidang ekonomi sehingga Indonesia mampu berswasembada pangan pada tahun 1980-an, menurut Emil Salim, diawali dengan pembenahan di bidang politik. Kebijakan perampingan partai dan penerapan azas tunggal ditempuh pemerintah Orde Baru, dilatari pengalaman masa Orde Lama ketika politik multi partai menyebabkan energi terkuras untuk bertikai.
6. Swasembada beras.
Seperti pepatah From Zero to Hero itulah kebijakan yang dilakukan oleh HM Soeharto pada masa pemerintahannya. Saat itu Indonesia menjadi pengimpor beras terbesar didunia, namun oleh Soeharto ini dijadikan motivasi untuk menjadikan Indonesia sebagai lumbung beras dunia. Puncaknya adalah ketika pada 1984 Indonesia dinyatakan mampu mandiri dalam memenuhi kebutuhan beras atau mencapai swasembada pangan. Prestasi itu membalik kenyataan, dari negara agraria yang mengimpor beras, kini Indonesia mampu mencukupi kebutuhan pangan di dalam negeri. Pada tahun 1969 Indonesia memproduksi beras sekitar 12,2 juta ton beras tetapi tahun 1984 bisa mencapai 25,8 juta ton.

7.  Sukses transmigrasi.
Program transmigrasi era soeharto hanya “kedok” untuk melakukan politik “javanisasi” & “penggusuran sistematis” mengalihan lahan-lahan pertanian di pulau jawa ke bentuk industrialisasi & telah merusak tatanan kehidupan di p.jawa & menutupi ketamakan atas pengelolaan hutan yang dikuasai kroni-2 soeharto dengan alasan untuk lahan transmigrasi. hutan di kalimantan,sumatra,papua telah hilang tidak tahu rimbanya karena diambil oleh bob hasan,dkk
8. Sukses Program  KB.
Dana - dana keluarga berencana yang “maha besar” entah kemana,tetapi sekarang masih menyisakan kroni soeharto yang “terpercaya” yaitu dr.haryono suyono-menko kesra & taskin era orba yang seharusnya mempertanggung-jawabkan dana-dana tersebut ; angka-2 pertumbuhan penduduk yang dimanipulasi hanya untuk membuat seolah program kb berhasil,padahal ledakan penduduk di era soeharto begitu besar.
9. Sukses memerangi buta huruf.
Ini menjadi bahan tertawaan semua orang,sebab kenyataannya buta huruf di desa-2 masih sangat besar
10. Sukses swasembada pangan.
Angka riil import beras dari bulog tidak pernah transparan terbuka di era soeharto,bagaimana bisa menyebut swasembada pangan.
11. Sukses REPELITA (Rencana Pembangunan Lima Tahun).
13. Sukses Gerakan Wajib Belajar.
 Wajib belajar 9 tahun yang dicanangkan oleh soeharto adalah pembodohan kepada rakyat ,karena seharusnya rakyat harus mendapat kesempatan pendidikan hingga universitas,bukan cuman sekedar setingkat smp…!


14. Sukses Gerakan Nasional Orang-Tua Asuh.
ini lahan korupsi yang dilakukan oleh keluarga cendana (tutut,cs) dalam merongrong kocek pengusaha,dana-dana gota sampai sekarang tidak pernah terbuka & transparan.
15.  Sukses keamanan dalam negeri.
16.  Investor asing mau menanamkan modal di Indonesia.
17.  Sukses menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta produk dalam negeri.
















BAB III
PENUTUP
Pertumbuhan ekonomi maju pesat bawah resim soeharto, tapi pada saat yang sama Indonesia menjadi salah satu Negara paling korup di dunia denan elite kecil sebbagai penjarah kekayaan Negara. Ini sebuah paradox perkembangan ekonomi terjadi di Negara yang digerogoti korupsi dna praktek rent-seeking yang massif, sistematik dan endemik yang seharusnya mengganggu bekerjanya ekonomi pasar secara substansial. Soeharto belajar dari kegagalan rezim Soekarno yang berakhir dengan kekacauan ekonomi. Jika Soekarno berkonsentrasi pada pembangunan Negara bangsa dan meyakini kesuksesan politik mengatasi masalah ekonomi, maka misi fundamental Soeharto adalah pembangunan ekonomi dengan membentuk tim teknokrat yang berhasil menstabilkan perekonomian. Ekonomi bisa tumbuh meskipun pemerintah tidak mengelolanya dengan efisien. Contohnya, perencanaan ekonomi gaya Uni Soviet berhasil mendorong pertumbuhan ekonomi dan perubahan structural yang pesat akhir 1920-an hingga 1960-an. Salah satu kunci untuk memahaminya adalah cadangan tenaga kerja yang besar dari sektor pertanian meskipun produktivitasnya sangat terbatas jika tidak mendekati nol. Transfer tenaga kerja dari pertanian ke industri mendorong pertumbuhan ekonomi meskipun dengan efisiensi statis karena sinyal harga tidak memainkan peran dalam proses perencanaan. Tetapi untuk mewujudkan proses perkembangan seperti itu dibutuhkan cara-cara tertentu untuk membiayai pertumbuhan sektor industry. Seidaknya secara teori, perencanaan sosialis mampu mewujudkannya dengan menghapuskan properti pribadi dan mengeksploitasi petani melalui proses kolektivisasi pertanian. Pralel dengan pembangunan ekonomi selama tahun-tahun akhir rezim Soeharto yang mampu menciptakan cara lain untuk berinvestasi pada sektor-sektor baru ekonomi modern yang terus berkembang.





DAFTAR PUSTAKA
Dwipayana,G dan Kartahadimaja, Ramadhan.Otobiografi Soeharto (Pikiran, ucapan dan Tindakan Saya.Jakarta:Citra Lamtoro Gung Persada,1998.
Kasenda, Peter.Soeharto.Jakarta:Kompas Media Nusantara,2013.
Onggo, Ira Tri, Ibu Tien dan Pak Harto,Falsafah Cinta Abadi,Yogyakarta,Indoliterasi,2013.

3 komentar:

  1. Makasih Infonya , membatu saya mengerjakan tugas kuliah saya

    BalasHapus
  2. lalu apa yg dapat diambil/dipelajari dari kepemimpinan soeharto??

    BalasHapus